fbpx

Tol Bocimi Seksi III Capai Rp2,5 Triliun, Mulai Dikerjakan Tahun Ini

Sampai hari ini pembangunan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) seksi III Cibadak-Sukabumi Barat dengan Exit Tol Ruas Cibolang belum juga ada tanda-tanda kembali dilanjutkan.

Padahal beberapa waktu lalu pejabat berwenang akan melanjutkan di tahun ini. Terbaru berdasarkan keterangan resmi dari perseoran bahwa PT Trans Jabar Tol (TJT) mendapatkan dukungan dana dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp3,4 Triliun.

Diketahui, Kredit tersebut untuk melunasi sebagian utang PT TJT dan untuk mendukung pembiayaan proyek jalan tol Ciawi-Sukabumi Seksi 3.

PT TJT merupakan cucu PT Waskita Karya Tbk (WSKT) yang 92,5 persen sahamnya dimiliki anak usaha WSKT yakni PT Waskita Toll Road (WTR). Persetujuan kredit terjadi pada 31 Januari 2024.

Proyek jalan tol Ciawi-Sukabumi Seksi 3, ruas Ciawi-Cibadak akan dibangun tahun ini sepanjang 13,7 kilometer. Kebutuhan anggaran untuk menggarap proyek ini mencapai Rp2,5 triliun.

PT WTR sebelumnya telah menyelesaikan untuk seksi 2 antara Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer dan sudah diresmikan presiden pada awal Agustus 2023 lalu. Ruas tol ini telah memperpendek jarak tempuh dari Jakarta ke Sukabumi menjadi 2,5 jam dari sebelumnya 5-6 jam.

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *