fbpx

Tol Bocimi Bisa Nyambung ke Padalarang, ke Bandung Tak Perlu Lewat Cikampek

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan proyek jalan tol Bogor-Chawi-Sukabumi (Bochimi) ruas Chigombong-Cibadak.

 Ruas ini melengkapi Seksi 1 Chawi-Chigombong sepanjang 15,35 km yang telah beroperasi sejak Desember 2018.

 Jalan Tol Bogor – Chiawi – Sukabumi (Boshimi) membentang dari Ciranjan di Kabupaten Cianjur hingga Padararan di Kabupaten Bandung Barat.

 Jawa barat.

   “Saat ini kami sedang menyelesaikan seksi 2 Tol Chigombong-Cibadak-Bosimi yang selanjutnya akan dilanjutkan ke seksi 3 dan 4 di Sukabumi dan menyambung ke Bandung.

 Masyarakat yang menuju Bandung melalui Pulau Jawa akan melalui jalur umum Panthera rutenya yaitu Jakarta-Cikampek,” kata Hely Trisaputra Zuna, Direktur  Pembiayaan Infrastruktur dan Perumahan Kementerian PUPR, seperti dikutip dari Antara.

 Pak Herry menyampaikan, selesainya Tol Boshimi akan memudahkan lalu lintas mencapai tujuan  di  selatan Jawa Barat.

 “Sebenarnya ini hanya sebagian dari keseluruhan jalan tol yang menghubungkan Jakarta dan Bandung.

 Jalan tol yang menghubungkan kedua kota tersebut antara lain Tol Bochmi, Tol Sukabumi-Ciranjan, dan Tol Ciranjan-Padalaran,” ujarnya.

 Pak Herry juga menyampaikan, Tol Bochmi seksi 3 Cibadak hingga Sukabumi Barat akan segera dibangun karena pembebasan lahan sudah mencapai 86 persen.

 Tol Tol akan ditetapkan seperti biasa segera setelah pembukaan Tol Boshimi Seksi 2 Chigombong – Cibadak dan akan beroperasi tanpa tarif terlebih dahulu.

 Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftatul Munir mengatakan, pembukaan Tol Bochmi Seksi 2 Cigonbon – Cibadak ini merupakan kado HUT Kemerdekaan ke-78, sehingga Tol Bochmi akan ditutup mulai 17 Agustus mendatang.

 itu bisa menjadi jalan tol.

 Tahun ini dari Republik Indonesia.

 Menurut dia, rencana kelanjutan Tol Bochimi dari Sukabumi hingga Ciranjan dan Padararan sudah masuk dalam Rencana Umum Kementerian PUPR, dan  Menteri PUPR sudah mengeluarkan keputusan terkait Rencana Umum tersebut.

 Keberadaan Tol Bochimi menuju Padararan diharapkan dapat mengurangi kemacetan di  Tol Cipraran.

 “Jika dipastikan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan akan dibuka penuh bersama  Tol  MBZ layang dan  Tol Jakarta-Cikampek yang sudah dibuka, kemungkinan besar terjadi di Cipraran.

” “Jalan Tol,” kata Munir.

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *