fbpx

PERAN SERTA JALAN TOL CIAWI – SUKABUMI DI PROVINSI JAWA BARAT

Kehadiran Jalan Tol Ciawi – Sukabumi memberikan dukungan kelancaran konektivitas perekonomian masyarakat, baik dari sektor industri, barang, dan jasa karena akan tersambung 

dengan wilayah Jawa Barat bagian selatan seperti Bogor, Ciawi, dan Sukabumi.

Jalan Tol Ciawi – Sukabumi memiliki total panjang 54 km yang terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi 1 Ciawi – Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Selanjutnya Seksi 2 Cigombong – Cibadak sepanjang 11,90 Km yang telah selesai konstruksi dan sudah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) untuk segera dioperasikan. Pada 3 – 4 Juli 2023 lalu, PT Trans Jabar Tol telah melakukan Uji Laik Fungsi (ULF) dan uji layak Operasi (ULO) pada Seksi 2 Cigombong – Cibadak meliputi uji spesifikasi terhadap teknis persyaratan dan perlengkapan jalan serta aspek keselamatan guna memenuhi standar yang telah ditetapkan untuk menunjang keamanan, keselamatan serta kenyamanan untuk para penguna jalan.

Untuk Seksi 3 Cibadak – Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi 4 Sukabumi Barat – Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km yang saat ini sedang dalam tahap persiapan.

Kehadiran Jalan Tol Ciawi – Sukabumi memiliki peran penting dalam mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju ke Sukabumi serta mengurangi kemacetan pada jalan nasional Bogor – Sukabumi.

Melalui Jalan Tol Ciawi – Sukabumi yang telah terkoneksi dari Ciawi hingga Cibadak ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan  lebih cepat dari Jakarta ke Sukabumi selama 2 jam hingga 2,5 jam saja. Dari yang sebelumnya ditempuh selama 4 sampai 5 jam melewati jalan arteri melewati jalur kemacetan seperti Cicurug, Parungkuda dan Cibadak.

Jalan Tol Ciawi – Sukabumi juga terhubung dengan jalan nasional Pansela Jawa Barat di Pelabuhan Ratu via Cikembang-Cikadu sehingga diharapkan akan mempermudah akses menuju kawasan pariwisata di sekitar Sukabumi bagian selatan. Serta menjadi konektivitas pendukung menuju tempat wisata, yakni Pantai Pelabuhan Ratu, Puncak Habibie, Geopark Ciletuh, dan Pantai Ujung Genteng.

Jalan Tol Ciawi – Sukabumi memiliki 6 Simpang Susun (SS) yang saling menghubungkan wlayah sekitarnya, yakni SS Ciawi, SS Caringin, SS Cigombong, SS Cibadak, SS Sukabumi Barat, dan SS Sukabumi Timur.

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *