fbpx

Kapan Exit Tol KM 149 di Bandung Dibuka? Ini Jawabannya

DPRD Kota Bandung memperkirakan gerbang tol keluar kilometer 149 Tol Padaleunyi akan dibuka kembali untuk masyarakat umum pada akhir tahun 2024. Sebab pengelola tol masih melakukan perbaikan jembatan tersebut.

Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan mengaku telah mendapatkan informasi tentang pengerjaan perbaikan jembatan tol kilometer 149. Pengerjaan diperkirakan berlangsung selama delapan bulan.

“Kita sudah dapat informasi bahwa bulan depan ada persiapan tender, dianggarkan tahun lalu. Mudah-mudahan dieksekusi karena pengerjaan paling lama delapan bulan,” ucap dia, Sabtu (2/3/2024).

Ia memperkirakan apabila pengerjaan tender dimulai pada bulan Mei mendatang. Maka diperkirakan gerbang tol keluar kilometer 149 dapat digunakan Desember tahun 2024.

Sebelumnya, Senior General Manager Jasa Marga Widiyatmiko Nursejati mengatakan demi keamanan dan keselamatan pengguna jalan sejak 1 Januari dilakukan penutupan akses keluar masuk kilometer 149. Hal itu dilakukan sebab ditemukan kerusakan pada struktur jalan.

Penutupan jalan berdasarkan arahan Kementerian PUPR melalui instruksi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada surat No. BM.07.02-P/905 tanggal 29 Desember 2023.

“Selama dilakukannya investigasi lanjutan¬† oleh pihak terkait, Jasa Marga melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad melakukan pengamanan dengan memindahkan seluruh peralatan tol yang berada di lokasi sampai dengan informasi lebih lanjut,” ucap dia melalui keterangan resmi.

Ia mengatakan Jasa Marga akan melanjutkan koordinasi dengan Kementerian PUPR untuk terus mendukung pemenuhan kelayakan operasional jalan akses kilometer 149 tersebut. Sebelum nantinya diserahterimakan oleh Kementerian PUPR kepada Jasa Marga untuk dapat beroperasi secara penuh.

“Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk selalu mengantisipasi perjalanan dengan memastikan fisik dan kendaraan dalam kondisi prima, kecukupan saldo uang elektronik,” kata dia.

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *