fbpx

Cianjur Ciranjang Bakal Dilewati Jalan Tol Bosuciba hingga ke Bandung

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) bisa dilanjutkan hingga ke Bandung melewati Ciranjang Cianjur atau disebut Tol Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba).

Tol Bogor-Sukabumi-Ciranjang-Bandung (Bosuciba) sebenarnya terdiri dari dua seksi yaitu Seksi I Bogor-Ciawi-Sukabumi dan Seksi II Sukabumi-Ciranjang-Padalarang.

Adapun rutenya setelah dari Sukabumi lalu melalui Ciranjang Kabupaten Cianjur dan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat atau Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba).

Pemerintah Kabupaten Cianjur pun berharap pembangunan Tol Cianjur segera terwujud bukan sekadar wacana seperti pembangunan jalur Puncak II sebagai solusi macet jalur Puncak dan sebagai upaya pemulihan perekonomian di Kabupaten Cianjur.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan rencana pemerintah pusat segera membangun dua ruas jalan tol menuju Cianjur, dapat terealisasi bukan hanya sekadar rencana seperti jalur Puncak II yang sampai saat ini belum terwujud.

“Kami berharap segera terealisasi agar perekonomian Cianjur kembali pulih, karena keberadaan jalan tol ini akan menjadi solusi kemacetan di jalur Puncak terutama saat akhir pekan, sehingga wisatawan kesulitan untuk sampai ke Cianjur,” ujar Bupati Cianjur Herman Suherman beberapa waktu lalu.

Bupati Cianjur Herman Suherman menyebutkan saat ini berbagai obyek wisata potensial menarik minat wisatawan untuk datang, namun mereka mengurungkan niat karena pasti terjebak macet saat pergi dan pulang, sehingga dibutuhkan jalur alternatif.

Sehingga harapan pemerintah daerah dan warga Cianjur, pembangunan jalan tol tidak hanya sekadar wacana dan dapat segera direalisasikan karena selama ini pembangunan jalan alternatif menuju Cianjur belum ada satu pun yang terealisasi.

“Pembangunan Jalur Puncak II sebenarnya akan lebih realistis dan dapat menjadi pilihan utama karena Pemkab Cianjur sudah memulai perbaikan jalan sepanjang 17 kilometer, sehingga saat jalan tol dibangun sudah dapat terhubung ke jalan alternatif lain,” ungkap Bupati Cianjur Herman Suherman.

Bupati Cianjur Herman Suherman menambahkan, pembangunan jalan tol kerap terkendala di pembebasan lahan, terlebih saat ini harga tanah di kawasan Puncak sudah terkenal sangat mahal, sehingga pihaknya berharap pembangunan Puncak II lebih dahulu dituntaskan.

Seperti dikabarkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pemerintah pusat akan membangun dua ruas jalan tol, yaitu Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba) yang merupakan terusan dari Tol Bocimi dan Jalan Tol Puncak dari Bogor menuju Cianjur di kawasan Puncak.

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *