fbpx

Bicara Wacana Reaktivasi Jalur KA Ciwidey-Bandung

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terbuka soal pembahasan terkait kebangkitan (revitalisasi) jalur KA Chiwidi-Bandung di Jawa Barat.
Direktur Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Jarot Toli Wardno mengatakan, pihaknya berencana membuka kembali sejumlah jalur.
Namun, pihak sedang melakukan analisa detail jalur mana saja yang akan dibuka kembali.
“Sebenarnya, dengan situasi saat ini, kami masih menganalisis pembukaan kembali jalur tersebut,” ujarnya di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta.

Dia mengatakan, jika hasil analisa sudah diketahui, maka jalur Chiwiday-Bandung bisa dibuka kembali.
Pertimbangan utamanya adalah bagaimana masyarakat lokal akan mendapatkan manfaat dari pemulihan jalur tersebut.
Berdasarkan laman Dinas Perhubungan Jawa Barat, jalur KA Ciwiday-Bandung terdiri dari ruas Cikdapatew-Kopo (Sorean) yang berlanjut hingga Ciwiday dan juga merupakan jalur cabang dari Dayukorot hingga Majalaya.
Jalur ini awalnya dibangun oleh perusahaan kereta api Belanda Staatspolwegen (SS).
Jalur pertama dibuka dari Chikdapattu ke Sorean pada tanggal 13 Februari 1921 dan dilanjutkan dari Sorean ke Chiwidi pada tanggal 17 Juni 1924.
SS sendiri diserahkan kepada Dinas Perkeretaapian Republik india (DKARI) dan sejak itu berganti nama menjadi PT Kereta Api India (KAI).
Jalur Kereta Api Chiwidi-Bandung dihapuskan pada tahun 1982 karena kalah bersaing dengan mobil pribadi dan angkutan jalan umum.

Post navigation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *